Ketahui Info Soal Vaksinasi Covid 19 Lewat SehatQ.Com



Setahun ke belakang ini bisa jadi merupakan masa masa yang sangat sulit dan berat untuk sebagian orang. Bagaimana tidak, adanya virus corona telah memberikan efek negatif di berbagai bidang termasuk juga bidang ekonomi, pariwisata, pendidikan dan lain sebagainya. 

Pemulihan di berbagai bidang ini tentunya akan bisa terjadi jika persebaran virus sudah bisa dikendalikan. Dan sebagai upaya pengendalian virus covid 19 ini adalah menghambat persebarannya menggunakan vaksin. Vaksinasi atau pemberian vaksin dimaksudkan agar tubuh bisa membentuk antibodi yang dapat melawan virus penyebab penyakit dalam hal ini virus covid 19. 


Tahun 2021 ini Indonesia sudah mulai melakukan vaksinasi covid 19. Adapun untuk vaksin covid 19 yang saat ini dipakai adalah sinovac. Pelaksanaan vaksinasi ini di Indonesia sendiri dimulai pada 13 Januari yang lalu secara bertahap. Dan sampai saat ini 3 Maret tercatat sudah 1.935.478 orang yang menjalani vaksinasi covid 19. Hal ini artinya di Indonesia vaksinasi covid 19 sudah mencapai 1 persen lebih dari total target sejumlah 181 juta populasi.


Tentunya tak semua orang diperbolehkan menerima vaksin sinovac ini. Ada orang orang dengan kondisi kesehatan tertentu yang tak diperbolehkan menerima vaksinasi covid 19 ini. Sehingga untuk diperbolehkan menerima vaksin ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Seperti dilansir dari website SehatQ.Com Beberapa  syarat agar seseorang bisa dan diperbolehkan menerima vaksin covid 19 ini diantaranya adalah sebagai berikut :


  • Bukan penderita penyakit akut seperti Jantung (gagal jantung atau penyakit jantung koroner), Penyakit ginjal kronis, sedang menjalani transplantasi ginjal, Penyakit hipertiroid atau hipotiroid, Penyakit saluran pencernaan kronis, Autoimun sistemik baik itu SLE atau Lupus, Sjogren, vaskulitis, maupun autoimun lainnya, Penyakit Reumatik autoimun atau rhematoid arthritis, Penyakit Infeksi saluran pernafasan akut.

  • Tidak sedang hamil

  • Bukan orang yang sedang menderita covid 19. Untuk mereka yang pernah terkena covid 19 untuk mendapatkan vaksinasi harus menunggu lebih dulu minimal 3 bulan setelah dinyatakan sembuh dari covidnya.

  • Tidak memiliki tekanan darah tinggi sesuai standar yang telah ditetapkan.

  •  Penderita penyakit paru seperti asma, PPOK, atau TBC baru bisa menerima vaksin setelah kondisi dinyatakan baik.

  • Penderita Diabetes melitus (DM) tipe 2 terkontrol dan HbA1C di bawah 58 mmol/mol atau 7,5 persen dapat diberikan vaksinasi.

  • Tidak sedang demam dengan suhu tubuh 37,5 derajat celcius atau lebih.

  • Unutk pengidap TBC yang masih dalam perawatan, vaksinasi dapat diberikan setelah dua minggu menerima obat antituberkulosis.

Meskipun kita sudah memenuhi syarat di atas bukan berarti kita akan langsung mendapatkan vaksin. Hal ini mengingat jumlah penduduk yang akan divaksin sangat banyak (181 jutaan orang) maka tentunya vaksinasi akan dilakukan secara bertahap.

Bertahapnya vaksinasi ini telah diatur oleh pemerintah dengan adanya Peraturan Menteri Kesehatan peraturan menteri kesehatan republik indonesia nomor 84 tahun 2020 tentang pelaksanaan vaksinasi dalam rangka penanggulangan pandemi corona virus disease 2019 (covid-19). Dalam peraturan menteri tersebut diatur berbagai hal yang menyangkut pelaksanaan vaksinasi mulai dari distribusi vaksin, tahapan pelaksanaan vaksinasi, termasuk juga jadwal pelaksanaan vaksinasi, petunjuk teknis pelaksanaan vaksinasi dan lain sebagainya. Termasuk juga diatur dalam Permen (peraturan menteri) tersebut yakni prioritas prioritas orang yang akan menerima vaksinasi. Dengan vaksinasi akan dilakukan berdasarkan urutan prioritas dari prioritas pertama hingga yang terakhir prioritas ke enam.


0 Response to Ketahui Info Soal Vaksinasi Covid 19 Lewat SehatQ.Com

Posting Komentar